Ingin Melanjutkan Kuliah Di Luar Negeri? Pelajari Beberapa Tes Ini Lebih Dulu!

 

Ingin Kuliah Di Luar Negeri? Kenali Beberapa Test Ini Terlebih Dahulu!

Ingin Melanjutkan Kuliah Di Luar Negeri? Pelajari Beberapa Tes Ini Lebih Dulu! – Halo teman-teman! Untuk dapat berkuliah di luar negeri sudah menjadi keinginan banyak orang. Namun kalian sudah tahu belum, jika ingin kuliah di luar negeri harus mengikuti beberapa tes lebih dulu. Tes yang hasilnya menjadi salah satu syarat wajib. Kemudian di tulisan kali ini saya akan memaparkan tentang lima tes bahasa Inggris untuk kamu yang mau kuliah di dalam maupun di luar negeri.

Di era sekarang ini mempunyai bahasa Inggris itu sangat penting karena memang bahasa Inggris sudah menjadi salah satu bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia sejak lama. Bahkan untuk anak-anak muda yang mau melanjutkan kuliah ke luar negeri, tentu mereka memerlukan bahasa Inggris itu sendiri. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan tentang macam-macam tes yang mesti kalian ketahui di bawah ini.

TOEFL

TOEFL ini adalah sebuah singkatan, yang mana memang sangat populer, dari kepanjangan test of English as foreign language. Tes ini adalah salah satu tes yang paling diketahui banyak orang di seluruh dunia, lebih dari itu tes ini dipakai untuk anak-anak muda yang mau meneruskan studinya ke luar negeri. Nah, untuk kalian yang ingin melanjutkan studinya, persyaratan skor yang harus dipenuhi itu dari 500-550. Di dalam soal TOEFL sendiri durasi pengerjaannya adalah selama 115 menit, dan tes ini ada tiga bagian, yaitu:

  1. Listening

Listening section ini memiliki 50 soal, dengan 3 bagian yang beda-beda. Durasi pengerjaan bagian ini adalah 35 menit dengan cuma sekali putar audio.

  1. Structure dan written expression

Di bagian ini ada 40 soal dengan dipecah menjadi 2 soal yang berbeda, melengkapi kalimat dan error analysis dengan format soal pilihan ganda. Waktu pengerjaanya adalah selama 25 menit.

  1. Reading

Reading section mempunyai 50 soal dan durasi pengerjaannya adalah selama 55 menit.

IELTS

International English language testing system atau umumnya disebut dengan IELTS ini digunakan untuk kamu yang ingin melanjutkan studinya di Amerika, Inggris, New Zealand dan Australia. Kamu harus menggunakan bahasa british yang kental, karena di tes kali ini yang paling susah di antara tes-tes yang lainnya. Jadi, kamu mesti belajar British aksen dengan baik dan benar. Nah, bedanya TOEFL dan IELTS ini dapat dilihat dari sectionnya, kalau di IELTS ada 4 section, yaitu:

  • Listening, mempunyai durasi 30 menit.
  • Reading, mempunyai durasi waktu 60 menit.
  • Structures, struktur mempunyai durasi waktu 60 menit.
  • Speaking, speaking mempunyai durasi wakru 12-15 menit.

Jadi total durasi pengerjaan di test IELTS ini 2,5 jam – 3 jam.

Baca Juga: 12 Singkatan Dan Akronim Internet Bahasa Inggris Yang Harus Kamu Tahu

TOEIC

TOEIC merupakan kepanjangan dari Test of English International Communication ini sama halnya seperti TOEFL dan IELTS, tetapi bedanya di TOEIC sendiri digunakan untuk memenuhi kelengkapan para pengajar maupun pekerja yang mau melanjutkan kuliah keluar negeri. Untuk TOEIC sendiri terdapat 2 section yaitu:

  1. Listening
  2. Reading

Jika kalian mau melewati dalam test ini, kalian wajib mempunyai skor di listening 5 sampai 495 dan untuk section reading adalah 5 sampai 495. Jadi keseluruhan nilai rata-rata yang harus kamu dapatkan adalah 10 – 990.

GMAT

Graduate Management Admission Test adalah tes yang diperuntukkan untuk mahasiswa program bisnis yang akan meneruskan kuliah master of business administration atau yang lebih dikenal dengan nama MBA. Di GMAT durasi penyelesaian tesnya adalah selama 3 jam. Dan tes ini mempunyai 4 section, yaitu:

  1. Kemampuan verbal umum
  2. Matematika
  3. Analytical writing
  4. Penalaran terpadu (integrated reasoning)

SAT

SAT atau Scholastic Assessment Test ini dipakai untuk penerimaan mahasiswa baru S1 dan ada di Amerika Serikat. Tes ini sendiri memiliki beberapa komponen, di antara lain, seperti yang dijelaskan berikut ini:

  1. Evidence-based reading and writing
  2. Reading test
  3. Writing and language test
  4. Mathematics
  5. Essay

Skor minimum yang kamu harus peroleh adalah 2000. Jadi, bila kalian mendapatkan skor 2000 tersebut maka kalian bisa masuk ke universitas terbaik yang ada di Amerika Serikat. Di test kali ini berbeda dengan tes-tes yang lain, tes-tes tersebut memerlukan waktu yang lumayan lama dari 6-8 bulan persiapan untuk mendaftar tes tersebut.

Demikianlah beberapa tes yang mesti ketahui bila memang berniat untuk meneruskan kuliah di luar negeri. Sebelum kamu daftar kuliah, pastikan untuk mencari tahu kelengkapan-kelengkapan yang harus kamu penuhi. Dan yang paling penting ialah tes bahasa Inggrisnya. Karena ini terkait dengan skill kamu, jadi untuk kamu yang masih memiliki skill bahasa Inggris yang masih kurang, akan memerlukan lebih banyak tenaga.

Baca Juga: Yuk, Belajar Tentang Macam-Macam British English

Salah satu cara untuk menaikan skill bahasa Inggris kamu adalah dengan mengikuti pelatihan bahasa atau kursus. Cobalah untuk mencari kursus bahasa Inggris online terbaik dari sekarang. Belajar online akan memudahkan kamu dalam proses belajar dari sisi waktu dan tempat. Salah satu tempat kursus yang menyediakan hal tersebut adalah Fluentz. Dengan tenaga pengajar professional dengan hanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas, akan lebih cepat meningkatkan skill bahasa Inggrismu. Karena praktik adalah kunci utama dari metode dari Fluentz ini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website nya dengan mengklik link ini.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *