Cara Mengatasi Anak Susah Membaca

 

Cara Mengatasi Anak Susah Membaca

Cara Mengatasi Anak Susah Membaca – Ayah dan bunda yang mungkin putra-putrinya yang belum bisa membaca dan mengalami kesulitan saat belajar membaca. Jangan bersedih, jangan putus asa, dan jangan menyerah. Ada beberapa tips nih untuk ayah dan bunda untuk mengajarkan anaknya membaca dengan lebih efektif. Tips berikut bisa langsung ayah dan bunda praktekan kepada anak di rumah ya. Yuk simak, ini tips untuk putra-putri ayah dan bunda yang belum bisa atau kesulitan belajar membaca.

Temukan Teknik Belajar Yang Cocok Untuk Anak

Yang pertama yaitu menemukan teknik yang pas, sebenarnya teknik itu adalah gaya belajar awal bila kita sudah menemukan gaya belajar anak itu secara pas atau betul, kita akan mudah membelajari anak itu sendiri. Gimana caranya kita mengetahui gaya belajar anak? Jadi bunda harus analisa secara betul-betul, agar kita bisa mengetahui teknik mana sih yang pas untuk putra-putri kita.

Setelah kita menemukan teknik yang pas, kita akan merancang sebuah langkah, yang mana nanti langkah itu menentukan perkembangan si anak atau tahapan belajar si anak itu sendiri. Seperti itu ya bunda jadi memang teknik yang pas itu sangat kita butuhkan.

 

Baca Juga : Tips Menghadapi Anak Kinestetik

 

Manfaatkan Momen

Yang kedua yaitu memanfaatkan momen, jadi momen apa sih? Momen yang kami maksud adalah pastikan anak senang bermain ya. Setiap anak bermain, setiap anak melakukan aktivitas kita manfaatkan momen itu karena kita tadi sudah tahu langkah-langkahnya atau strategi mana yang mau kita tempuh. Ketika setiap momen-momen kita bisa kita memanfaatkan, saat anak sedang belajar membaca, baru kita mulai tahapan mengenal huruf. Misalkan ada mobil-mobilan, mobilnya jalan membentuk huruf A kemudian berjalan lagi membentuk huruf B seperti itu dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya kita yang masuk ke dunia anak itu sangat penting sekali dan membuat anak akan merasa nyaman dan ia akan tidak sadar bahwa sebenarnya ia sedang belajar, tapi mereka akan paham lama-lama dan mereka sama sekali tidak terbebani dengan yang namanya belajar, seperti itu ya bunda.

 

Baca Juga : Over Parenting, Orang Tua Wajib Hati-Hati

 

Tentukan Target Untuk Anak

Setelah kita memanfaatkan momen, kemudian kita harus tentukan target untuk anak itu sendiri. Walaupun anak itu masih balita atau dibawah umur kita harus tentukan target itu sesuai dengan kemampuannya, nah disini garis besarnya harus sesuai dengan kemampuannya, untuk apa target itu? target itu fungsinya untuk kita sebagai orang tua semangat, semangat mendidik karena itu amanah yang harus kita lakukan.

Kemudian yang kedua untuk perkembangan tumbuh kembang anak itu sendiri. Kalau kita tidak memberi tahu mereka, jadi siapa yang akan memberi tahu mereka? Masa harus menunggu guru ketika sudah sekolah? enggak kan? nah itu kita bisa memanfaatkan momen yang mana disitu kita bisa pasang target di dalamnya. Misalkan contohnya targetkan dalam seminggu ini saya harus bisa kenalkan anak huruf abjad, harus kenal ya belum hafal dulu. Harus kenal di minggu itu kita manfaatkan betul setiap momen setiap mau bermain, setiap mau makan, sambil lari-lari, mengenalkan huruf memiliki setiap moment, kita manfaatkan nanti kalau tidak bisa itu tergantung orang tuanya, orang tuanya mampu tidak mengejar target itu sendiri? Karena target itu bukan untuk ke anak sebenarnya, tapi untuk orang tua. Kalau misalkan anaknya sekiranya penangkapan daya ingatnya cepat pasti bisa dalam hanya beberapa waktu atau beberapa perkenalkan tapi kalau tidak, ya kita sebagai orang tua harus memanfaatkan, kita ulang-ulang terus.

 

Baca Juga : 7 Bahaya Membentak Anak

 

Ya, jadi itulah kurang lebih tips cara mengatasi anak susah membaca dari kami. Jangan berkecil hati bunda ketika putra-putrinya sulit menangkap ya, “kok lupa-lupa terus ya?”. Itu sebenarnya bukan kesalahan si anak kita, sebagai orang tua itu tugas kita untuk mampu tidaknya kita untuk lebih sering lagi memanfaatkan momen tadi untuk mendapatkan target yang sudah kita tentukan. Jadi target itu untuk orang tua, sekiranya anaknya kurang mampu, kita harus lebih rajin untuk momen seperti itu. Paham ya jadi jangan berkecil hati untuk putra-putrinya yang belum bisa membaca, kita perlahan-lahan kenalkan tapi tetap kita mempunyai target.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *