Cara Menggunakan Collocation Pay Dalam Bahasa Inggris

Cara Menggunakan Collocation “Pay” Dalam Bahasa Inggris


Cara Menggunakan Collocation “Pay” Dalam Bahasa Inggris – Banyak dari kita yang mengetahui kalau bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak negara. Di Indonesia, bahasa Inggris memberi pengaruh banyak dalam berbagai kegiatan sehari. Apalagi di zaman sekarang yang setiap harinya kita berhubungan dengan bahasa Inggris. Maka dari itu, belajar bahasa inggris di era sekarang adalah salah satu hal yang penting. Mungkin beberapa dari kalian masih ada yang berfikir kalau belajar bahasa Inggris itu tidak begitu mudah karena ada banyak aturan yang harus dilakukan jika ingin membuat satu kalimat. Seperti contoh, kita harus memperhatikan grammar, pronunciation dan juga strukturnya dalam bahasa inggris seperti subject+verb+object+adverb. Tetapi ketika dalam penggunaan grammar kita juga tidak perlu memakai grammar terlalu banyak karena akan terdengar tidak natural.

Apa itu collocation?

Sebelum itu, kita akan membahas terlebih dahulu tentang collocation. Apa itu collocation? Collocation adalah gabungan 2 kata yang sering kita temukan bersebelahan atau secara bersamaan dalam sebuah kalimat. Gabungan kedua kata ini bisa jadi kata benda digabung dengan kata kerja atau mungkin kata kerja digabung dengan kata sifat dan kata benda yang digabung dengan kata sifat. Seperti contoh berikut ini “heavy rain”. Kata ini biasanya sering kita temukan bersebelahan di dalam sebuah kalimat dan artinya adalah hujan deras bukan hujan berat.

Dalam bahasa Inggris banyak sekali collocation words yang lazim digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu pasti sering menjumpainya di dalam film-film atau konten-konten video di youtube. Collocation words yang mungkin sering kamu jumpai seperti dengan kata get (get drunk, get going, get the impression), come (come first, come apart, come on time), take (take a not, take a chance), dan masih banyak lagi. Tapi untuk kali ini aku akan membahas dari satu kerja dulu.

Baca Juga: 6 Tips Belajar Bahasa Inggris Jaman Now

Contoh penggunaan collocation “Pay”

Kembali ke topik awal, untuk di artikel kali ini aku akan membagikan tentang collocation digabung dengan kata kerja pay. Kata pay memang secara harfiah artinya membayar. Tetapi di artikel ini kami akan membahas tentang jika kata pay digabung dengan kata yang lain hingga maksud dari pay tersebut bukan lagi membayar sesuatu. 

1. Pay attention

Pay attention atau yang berarti memperhatikan seseorang atau sesuatu dengan sungguh-sungguh. Contoh kalimatnya adalah:

“I hope you are paying attention because you will be tested later”. (Saya harap kamu memperhatikan dengan sungguh-sungguh karena nanti kamu akan diuji).

“Pay attention, please!” (Tolong perhatikan!)

2. Pay the price

Arti dari pay the price ialah bukan membayar sebuah harga tetapi collocation pay the price ini juga bisa berarti ketika seseorang harus menanggung konsekuensi atas tindakan yang dilakukan oleh dia sendiri ataupun orang lain. Berikut contoh penggunaanya:

He drank too much alcohol last night, now he is paying the price”. (Dia meminum alkohol terlalu banyak tadi malam, lalu sekarang dia harus menanggung akibatnya).

We have pay the price for success”. (kita harus menanggung konsekuensinya untuk kesuksesan.)

3. Pay a compliment

Collocation dengan kata pay berikutnya adalah pay a compliment yang memiliki arti memuji orang lain. Kamu bisa lihat cara pengaplikasiannya di bawah ini.

Contoh kalimatnya adalah:

“Mark paid Rebecca a compliment when he said that she was intelligent”. (Mark memuji Rebecca dengan mengatakan bahwa dia adalah seseorang yang pintar).

“You paid our women a compliment yesterday, mam”. (Anda memuji orang-orang kami hari ini, bu.) 

4. Pay a visit 

Pay a visit ini sendiri artinya adalah ketika kamu pergi ke suatu tempat untuk mengunjungi seseorang dan menghabiskan waktu dengan orang tersebut.

Contoh kalimatnya adalah:

“Grandparents are usually always happy when their grandchildren pay them a visit”. (Kakek dan nenek biasanya akan selalu senang ketika cucu-cucunya mengunjungi mereka).

“Just paying a visit to my baby sister”. (Hanya memberikan kunjungan ke adikku).

Baca Juga: 12 Singkatan Dan Akronim Internet Bahasa Inggris Yang Harus Kamu Tahu

Itulah beberapa contoh tentang collocation dengan kata pay yang bukan berarti membayar. Yang bisa semoga bermanfaat bagi kalian. Setelah kamu tahu cara penggunaannya, aku harap untuk terus mempraktekannya. Agar nantinya tidak cepat lupa, dan kamu masih bisa membaca artikel lainnya lagi di website ini. Atau kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris secara fokus. Alangkah baiknya untuk mempunyai seorang tutor yang nantinya akan mengarahkanmu. Coba untuk mencari kursus bahasa Inggris online terbaik di kotamu. Belajar online di era sekarang ini sangatlah memudahkan dari segi waktu dan tempat. Carilah lembaga kursus yang hanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas yang membuatmu praktek di setiap sesinya tanpa hanya duduk dan belajar grammar saja. Fluentz adalah lembaga yang memenuhi kriteria tersebut. Untuk informasi lebih lanjut kamu silahkan kunjungi website dengan mengklik link ini.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *