Yuk, Belajar Tentang Macam-Macam British English!

 

Belajar Tentang Macam-Macam British English!

Yuk, Belajar Tentang Macam-Macam British English! – Hai! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang macam-macam British English. Kita tahu bahwa saat ini aksen bahasa Inggris yang terkenal di Indonesia adalah aksen Amerika, ini karena pengaruh dari film-film dan musik dari Amerika yang menjamur di negeri ini. Supaya lebih familiar juga dengan aksen British, mari kita simak artikel ini lebih jauh lagi. 

Bagi kalian yang tertarik belajar British English kemungkinan kalian akan berpikir bahwa Ratu Elizabeth adalah contoh yang tepat untuk belajar logat British English, tapi apa hanya Ratu Elizabeth? Dalam kenyataannya di UK sendiri terdapat lebih dari 40 dialek yang berbeda antara satu  daerah dengan daerah yang lain, dan bahkan penggunaan struktur bahasa dan ejaannya bisa sangat berbeda. 

Maka dari itu di tulisan kali ini kami akan membahas tentang 6 British dialek yang perlu kamu ketahui  yang sudah kami rangkum informasinya selengkap mungkin antara lain, yaitu:

1. Scouse Accent

Apa itu ‘Scouse Accent’? Scouse accent adalah orang-orang yang lahir dan besar di kota Liverpool mempunyai sebutan yaitu scousers atau liverpudlian dan mereka mempunyai dialek yang sangat kental yang disebut dengan scouse accent.  Ketika berbicara, liverpudlian akan memberikan penekanan lebih pada huruf ‘T’ dan pelafalan yang aneh pada huruf ‘K’ dan mereka juga “menghilangkan” huruf R hingga akan membuat kita bingung untuk membedakan mereka sedang mengucapkan huruf R atau L.

2. Yorkshire Accent 

Salah satu wilayah administrasi terbesar di Inggris adalah Yorkshire. Daerah ini mempunyai ciri khas aksen yang sangat kental pada pengucapan huruf ‘U’ Sebagai contoh pada kata ‘cut’ mereka akan mengucapkan ‘coht’ bukan ‘cut’, atau pada kata “blood” mereka mengucapkan “blohd”.

Sejauh ini dialek York yang paling disukai oleh penduduk Inggris dan jika kamu berkunjung  ke negara Inggris kamu bisa mendengar aksen ini di sekitar daerah Region York, Leeds dan Sheffield.

3. Welsh Accent

Daerah ini sebenarnya bukan bagian dari negara Inggris. Wales memiliki ciri khas budaya dan bahasanya sendiri yang tentunya sangatlah unik. Mereka mempunyai  kata yang sangat panjang dan rumit kata ini. Ketika orang-orang Wheels berbicara mereka akan memberikan penekanan pada huruf vokal seperti orang bernyanyi karena nadanya yang mendayu-dayu. Selain itu ciri khas dialek ini juga ada pada pengucapan huruf  r-nya yang tidak seperti kebanyakan British English yang tidak melafalkan huruf ‘R’. Welsh accent memberikan sedikit letupan pada huruf r-nya. Jika berkunjung ke great Britain kamu dapat menemukan aksen ini di negara wales tentunya.

4. Brummie Accent

Dialek brummie diucapkan oleh beberapa orang di Birmingham dan beberapa daerah sekitarnya atau yang biasa disebut dengan Black country. Brummie merupakan sebutan untuk orang-orang di Birmingham. Kota birmingham ini terletak di bagian tengah Inggris atau bisa disebut dengan midland. Oleh karena itu mereka terpengaruh oleh budaya orang-orang bagian utara dan selatan Inggris. Nah bagi kalian yang belum pernah mendengar aksen brummie kamu bisa mendengarkan karya-karya  dari Ozzy Osbourne salah satu penyanyi terkenal asal Birmingham dan berikut adalah ciri khas  dialek brummie. Huruf H pada awal kata tidak pernah mereka ucapkan seperti pada kata ‘House’ menjadi ‘Ouse’ dan ‘Horse’ menjadi ‘Orse’ 

5. R.P. Accent

R.P. accent adalah singkatan dari Received Pronunciation yang di negara inggris sebagai “aksen” Ratu Inggris atau keluarga Kerajaan, R.P. juga dikenal sebagai standard English. Pada dasarnya R.P adalah aksen datar yang menekankan huruf vokal Seperti huruf ‘A’ yang memanjang dan huruf Oh yang mendayu seperti ‘OW’. Namun meskipun paling standar, bagi kamu yang baru belajar logat Inggris akan sangat tricky sekali karena beberapa kata kadang diucapkan hampir sama namun berbeda.

Dan ketika kamu mengunjungi negara Inggris,kamu akan menemukan R.P. aksen ini  di daerah sekitar Oxford, Cambridge, Brighton dan sekitarnya

Baca Juga: 12 Singkatan & Akronim Internet Bahasa Inggris Yang Harus Kamu Tahu

6. Cockney Accent

Aksen ini berkembang sebagai dialek masyarakat pekerja kelas bawah di bagian East End London. Aksen ini memiliki ciri khas mengganti huruf th menjadi huruf F seperti pada kata ‘Health’ menjadi ‘Healf’, ‘Think’ menjadi ‘Fink’ dan seterusnya.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh macam-macam logat British yang harus kalian tahu. Sebenarnya masih banyak lagi aksen atau logat dari daerah lain. Tetapi sampai sini dulu pembahasan yang kita jelaskan di artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Tetap semangat untuk terus meningkatkan bahasa Inggrismu. Kalau kalian sedang mencari kursus bahasa Inggris online terbaik, maka Fluentz adalah jawabannya. Lembaga kursus bahasa Asing yang berkantor pusat di Jakarta Pusat ini menyediakan kelas online dan offline. Yang membedakan Fluentz dengan kursus lain adalah dari metodenya. Fluentz menggunakan metode NFP (natural, fast, powerful). Kami mengembangkan metode ini dari teori comprehensible input-nya Dr. Stephen Krashen. Hanya menggunakan bahasa Inggris di kelas dengan teacher profesional bersertifikat. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa hubungi CS-nya di nomor +62 813-7645-466.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

One response to “Yuk, Belajar Tentang Macam-Macam British English!”

  1. vivoslot Avatar

    It’s remarkable in favor of me to have a web page, which is useful
    in support of my know-how. thanks admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *