Cara Menulis E-mail Berbahasa Inggris Agar Dilirik HRD/Kampus

Cara Menulis E-mail Dalam Bahasa Inggris Agar Dilirik HRD / Kampus.

Cara Menulis E-mail Dalam Bahasa Inggris Agar Dilirik HRD/Kampus. No 2 Masih Banyak Yang Salah! – Di era digital sekarang untuk berkomunikasi atau ingin melamar pekerjaan sudah tidak menggunakan surat lagi. Memang masih ada perusahaan yang mencari pelamar kerja dengan membawa surat untuk melamar kemana-mana. Tetapi kebanyakan perusahaan sekarang sudah banyak yang menggunakan e-mail. Orang-orang di era sekarang pasti sudah pernah mengirim lamaran pekerjaan atau mungkin tugas sekolah tau kampus lewat e-mail. Tapi, apakah e-mail kalian pernah ditolak oleh perusahaan atau dosen di kampus? Itu terjadi kemungkinan besar karena kalian salah dalam penulisannya. Maka dari itu, di artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa cara menulis e-mail agar instansi terkait menerima CV atau tugas kalian. 

Sebelum itu mari kita kenalan dulu dengan e-mail. Apa itu e-mail? E-mail atau elektronik mail adalah salah satu sarana untuk berkomunikasi lewat media komunikasi internet. Untuk menuliskan e-mail itu tidak boleh asal-asalan apalagi jika mengirim email untuk melamar pekerjaan atau mungkin tugas dari dosen. Mari simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pay attention to your email address 

Hal simple seperti ini ternyata adalah hal yang paling penting loh agar email kita bisa dilirik hrd atau kampus.

Maka dari itu, pastikan email yang kita gunakan untuk mengirim email tersebut adalah email yang proper. Sangat disarankan untuk tidak memakai email dengan nama yang aneh seperti contoh : kakakikikeke@email.com. Hindari nama seperti itu ya guys.

Lebih baik menggunakan email dengan nama kita saja seperti, iqbaalramadhan@email.com atau juga ratualiyah88@email.com

2. Fill the “Subject” clearly and completely

Terkadang bagian ini tidak terlalu diperhatikan dengan benar oleh si penulis email. Pastikan judul tidak kosong karena judul yang kosong akan membingungkan HRD/pihak kampus apakah email yang kalian kirim email lamaran atau hanya spam. Kamu bisa menulis subjek dengan format seperti ini:

[Kerja/Magang]-[Posisi pekerjaan]-[Nama lengkap pelamar] 

Kalau dalam bahasa inggris seperti:

[Internship]-Justin Bieber-Social media marketing assistant position

3. Start with a greeting and a title

Untuk membuka email, cantumkan nama sapaan dan pihak yang akan kalian tuju, seperti contoh berikut:

Dear,

Mr/Mrs (last name) or Recruiter 

Nevada

Selain terlihat professional, sapaan seperti ini di email kita akan terdengar lebih sopan.

4. Introduce yourself clearly and briefly

Di bagian ini pastikan menulis dengan SPJ ( Singkat Padat Jelas) pastikan juga maksud kalian untuk mengirimkan email tersebut tersampaikan.

Kalian bisa mulai dengan perkenalan diri seperti di bawah ini:

“My name is Rini Hartanto. Through this email, I convey my interest in joining the …company, according to the information posted on the company’s Instagram on November 8th, 2022.”

Baca Juga: Yuk, Belajar Tentang Macam-Macam British English!

5. Give you reason to apply

Pada bagian ini kalian bisa menggunakannya untuk promosi diri kalian sendiri. Promosi yang dimaksud adalah seperti mencantumkan prestasi-prestasi yang telah kalian raih, khususnya yang relevan dengan posisi yang ingin kalian lamar.

Seperti contoh:

“I am a graduate from Telkom university majoring in creative arts. I once won 1st place in the international comic competition. Becoming a creative artist is my dream, so I really hope to be able to develop my skills and participate in this company.”

6. Give acknowledgement and mention the attachment of supporting documents

Setelah menyampaikan maksud dan promosi diri, jangan lupa untuk mencantumkan dokumen-dokumen penting dan juga beberapa dokumen pendukung untuk membuktikan pencapaian kalian. 

Seperti ini kira-kira contohnya:

“With this email, I attach my CV, Portofolio and several other supporting documents. I really hope to be able to join your company. Thanks for your attention.”

Lalu cantumkan dokumen kalian.

7. Provide your personal contact information

Bagian ini adalah ‘bumbu pelengkap’ yang tidak boleh terlewat yaitu kontak utama kalian yang aktif.

Tujuannya jika perusahaan tersebut mau menghubungi kalian, bisa melalui kontak yang sudah kalian cantumkan.

Beikut adalah contohnya:

Sincerely,

Kendall Jenner

+62 8767 8989 XXXX

Kendalljenner@email.com

 

Bagaimana dengan tips yang sudah kami berikan di atas? Semoga membantu kalian untuk mengplikasikan dengan mudah dan membantu kalian untuk membuat email yang menarik perusahaan atau kampus. Dan jangan lupa untuk tetap semangat belajar bahasa Inggris. Mulailah untuk mencari kursus bahasa Inggris online terbaik di kotamu. Cari lembaga kursus yang menekankan pada pratik dengan hanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas. Fluentz adalah lembaga kursus bahasa asing yang memenuhi kriteria tersebut. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi adminnya di nomor  +62 813-7645-466. Terima kasih.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *